17.2.09

wahwahwaaaah

Lo mungkin pernah ngeliat teman yang sering banget ngegiggit kukunya. Pas lo perhatiin, kuku-kuku jari tangannya pendek gitu kan? bahkan kutikulanya mengelupas trus ngeluarin darah gitu. lo tau dongya, kebiasaan kya gitu pasti nimbulin rasa sakit. tapi knp seolah engga terasa sakitnya ? hemkalo menurut gue sih garagara enak hihihi

Tapi kalo kata dokter sih gigit kuku tuh penyakit gitu, namanya Onychophagia. Katanya hal ini tuh kya kebiasaan buat melepas stres. Nail-biter bakal mengiggit kukunya pas lagi stres, excited, pas lagi bosan atau engga ada kegiatan yang dilakuin. Gejala lain yang ditampakkan seseorang yang sedang nervous adalah mengisap ibu jari, mengupil, memutar-mutar atau menarik rambut, menggeratakkan gigi, atau mengusap-usap kulit. ngeri bangetya? guesih gapernah sampe segitunya hahahaha..

gara-gara dilakuin berulang-ulang, hal ini bisa dikategorikan body-focused repetitive behaviors (BFRB). Tapi orang yang suka gigit kuku bisa juga ngikutin perilaku anggota keluarganya.
lo mungkin engga sadar saat sedang menggigiti kuku. Soalnya nail-bitter juga bisa ngelakuinnya sambil menonton TV, membaca, atau menelepon. Bukan cuma kuku aja yang digigit, tapi kutikula dan bagian lunak di pangkal kuku juga kadang-kadang ikutan digiggit.

Kebiasaan ini juga dilakukan orang dari segala usia:
1. Sekitar 50% dari anak usia 10-18 tahun, gara-gara mereka lagi masa memasuki pubertas.
2. Sekitar 23% dari dewasa muda berusia 18-22 tahun.
3. Umumnya orang mulai berhenti menggigit kuku pada usia 30 tahun. Hanya sekitar 10% usia di atas 30 tahun yang terus menggigit kuku.
4. Anak laki-laki di atas usia 10 tahun lebih banyak yang menggigit kuku daripada anak perempuan.


Akibat yang ditimbulkan dengan menggigit kuku adalah:
1. Kulit jari memerah, sakit, dan kutikula berdarah. Akan muncul risiko infeksi di sekitar kuku dan juga mulut lo. Infeksi gusi dan masalah pada gigi juga kemungkinan terjadi loooh.
2. Bila kebiasaan menggigit kuku berlanjut, bisa ngebuat kuku tengga bisa tumbuh normal kembali.
3. Dalam tingkat yang lebih parah, walaupun ga banyak, ngeggigit kuku merupakan simptom dari obsessive-compulsive disorder (OCD). Pada tahap kaya beginian mah, nail-bitter harus ngejalani perawatan medis.


gi,ama infonya? aduuuuuhhhh sumpah ngeri dehya , soalnya gue suka gigit kuku juga wekekeke. tapi gue ga stres loh .makanya yabuat yang suka gigit kuku kaya gue mending hindari gigi kuku lagi deh, soalnya gabagus ternyata daripada nanti jadi infeksi gitu kan malesin tuh ya hehe oke?
makasih udah ngebaca ;)

No comments:

Post a Comment