17.2.09

Limosin “The Beast” Siap Melindungi Barack Obama

Beda presiden, beda pula kendaraan kepresidenan yang digunakan selama berdinas. Jika Presiden AS George W Bush mendapat jatah limousine (limo) yang ”biasa”, presiden AS terpilih, Barack Obama, mendapat jatah limo supertangguh yang dikabarkan mampu menahan serangan roket dan serangan kimia apa pun. Ada guyonan, limo Obama itu bakal mampu menahan serangan asteroid sekalipun. Limo Obama yang berbadan besar, panjang, dan berwarna hitam itu dijuluki ”The Beast”.
”Ini desain benar-benar baru. Bentuknya lebih modern dan ekspresif, tetapi tak meninggalkan tradisi kendaraan kepresidenan yang panjang dan hitam,” kata juru bicara Cadillac, David Caldwell. Dengan limo baru itu, Obama bakal lebih jelas melihat parade pelantikannya. Namun, Caldwell tidak tahu rincian desain lain karena rahasia. ”Kami saja dilarang membuka pintu-pintunya,” kata Caldwell.
Juru bicara Secret Service AS, Darrin Blackford, mengaku dilarang membahas limo presiden. Ketika ditanya apakah ada tempat khusus untuk meletakkan iPod Obama, Blackford hanya tertawa. Foto-foto resmi limo Obama akan muncul ke publik saat parade pelantikan Obama.
Lalu, bagaimana dengan nasib limo Bush? ”Tidak ada limo presiden yang dijual. Biasanya dipakai untuk mobil cadangan, keperluan latihan, atau jika ada yang butuh perlindungan,” kata Caldwell.

No comments:

Post a Comment